INGIN CEPAT HAMIL?

Thursday 14 October 2010

TIPS : Merubah Tampilan Standby S60 V3 Menjadi Mirip Blackberry

Pernah lihat ponsel Blackberry (BB)?Ku rasa hampir semua teman-teman akan menjawab pernah.Wajar saja karena saat ini popularitas BB sedang tinggi-tingginya.Meski begitu,aku tidak begitu tertarik dengan perangkat buatan RIM tersebut.Tapi ini hanya sekedar pendapatku saja,ya?Pada BB,kalian pasti akan menemukan beberapa icon shortcut pada bagian bawah layar standby-nya.Kalau tidak salah,jumlahnya ada enam.Nah,bagi teman-teman pengguna symbian S60 V3 sepertiku,tampilan seperti itu tentu sangat menarik.Bisakah kita membuatnya di ponsel kita?Tentu saja bisa.Ikuti saja tips-nya berikut ini.Mari kita jadikan layar ponsel symbian S60 V3 milik kita menjadi seperti BB.
 
Sebelum melakukan editing tampilan layar ponsel symbian S60V3 menjadi mirip BB,kalian perlu menyediakan beberapa peralatan yang tercantum di bawah ini :

1.Smartworkspace
2.JbakTaskman
3.X-Plore

Kalian bisa mendapatkan file nomor satu dan dua dari link di bawah.Sedangkan untuk X-Plore,kalian bisa mendapatkannya dari postingan sebelumnya.

Setelah ketiga file itu kalian peroleh,silakan install di ponsel masing-masing.Syarat untuk bisa melanjutkan tips ini adalah bahwa ponsel symbian S60V3 milik teman-teman sudah di hacking.Jika belum,silakan baca postingan sebelumnya di blog ini untuk tutorial hacking komplit.

Jalankan  smartworkspace.Jika ingin terus menampilkan icon pada layar standby,aplikasi ini tidak boleh di close sama sekali.Cukup jalankan secara tray saja atau dalam posisi hide.Lihat gambar di samping untuk hasil awal sebelum kita melanjutkan editing-nya.Icon shortcut di bagian bawah kecil-kecil,bukan?

Nah,selanjutnya adalah proses editing agar icon shortcut itu bisa menjadi normal.Sekecil itu tentu tidak enak untuk digunakan.

Jalankan X-Plore.Cari folder \private\eacceee1\Set-tings.ini.Kalian bisa menemukannya di drive c atau e.Biasanya sih di c.Selanjutnya pilih file settings.ini tadi dan edit dengan X-Plore.

Dapat dilihat terdiri atas dua bagian menu,yaitu :

1. MBAplication

Ini gunanya untuk memasukkan aplikasi apa saja di shortcut tadi.Yang dimasukkan adalah kode UID aplikasi yang hendak dibuat shortcut-nya.Kode UID ini berbeda-beda untuk tiap aplikasi dan bisa didapatkan dari jbaktaskman.

Misal aku mau memasukkan aplikasi freeisms di shortcut,jadi freeisms-nya dirunning/jalankan,terus buka jbaktasman-nya lalu pilih task info,disinilah kita akan mendapatkan kode UID-nya.

Contohnya:(lihat gambar di samping)
 
Catat kode UID tersebut dan masukkan ke dalam settings.ini.Kita bisa menambahkan aplikasi yang lain-nya.Soal jumlah,sebenarnya tidak masalah.Tetapi agar mirip BB,cukup enam icon shortcut saja.

2.MBSetting

Keycode : ini berfungsi untuk me-nonaktifkan smartworkspace-nya di homescreen,disitu ditulis "8",artinya kalau kita pencet delete maka smartworkspace-nya akan hilang dari layar standby.Untuk mengembalikannya cukup pencet delete lagi.
 
Kalau hendak mengganti ke tombol lain juga bisa asalkan mengikuti kode di bawah ini :

key = keycode
1 = 49
2 = 50
3 = 51
4 = 52
5 = 53
6 = 54
7 = 55
8 = 56
9 = 57
0 = 48
* = 42
# = 35
back = 63497
next = 63498
left = 63496
right = 63495
left soft key = 63554
right soft key = 63555
delete = 8
dial key = 63586
hang up key = 63585
 
Potraitposition : ini berguna untuk meletakkan shortcut-nya di layar bagian mana.Ada 3 cara pengisiannya,yaitu :
 
1.OnCBA
Kalau kita menggunakan ini,shortcut pada softkey kiri dan kanan di homescreen akan tertutup & tidak bisa digunakan.

2.AboveCBA
Ini diatas shortcut pada softkey,jadi,shortcut-nya masih bisa digunakan.

3.(angkanya terserah)
Kalau menggunakan yang ini,nantinya shortcut akan ada di (angka) pixel di atas bagian bawah homescreennya.
 
Potraitheight : ini berguna untuk menentukan besar kecilnya icon di shortcut.
Ada 3 cara pengisiannya,yaitu :
 
1.Normalheight
Hasilnya akan kecil-kecil seperti tampilan awalnya.

2.doubleheight
Sedikit lebih besar.

3.(angka terserah)
Jika menggunakan ini,nanti icon-nya akan sebesar (angka) pixel yang diinginkan.
 







NB : Semua resiko penggunaan tips di atas di luar tanggung jawab Admin.Tips ini sudah di test sendiri oleh admin dan berhasil dengan baik.Jika link download bermasalah,silakan request ke Admin.Secepatnya akan diupload ulang.

5 comments:

dicky hidayat said...

wow teman caranya ko ribet banget , cobah deh gunakan S4SW.

Pernak-Pernik Perikanan said...

om, sy udah nyoba ikuti petunjuknya. Tpi ko wktu nyari setting.ini di xplore di c g ada isinya.. Gimana dund solusinya..??

Unknown said...

Nyarinya di sini,gan : C\private\eacceee1\Set-tings.ini.
jangan salah cari dengan settings.ini yang ada di drive c juga.Itu file system,lain.Usahakan folder private udah bisa di akses dengan mengapply open4all.rmp.

Pernak-Pernik Perikanan said...

di Xplore ane blum muncul gan yg sett-ing.ini.. Cara munculinnya gmn..?? ane udh apply RPMny.. Tpi ttep belum muncul jg.. Mohon pencerahannya gan.. Maaf newbee ne..

Unknown said...

File settings.ini di folder c/private/eacceee1/ itu biasanya muncul sendiri setelah aplikasi smartworkspace-nya diinstall.Coba diinstall ulang smartworkspace-nya.

Post a Comment

Janganlah pelit memberikan komentar yang membangun agar Admin semakin bersemangat memposting artikel-artikel baru di blog kesayangan kita ini...