INGIN CEPAT HAMIL?

Sunday 17 October 2010

Solusi Memory Low / Memori Penuh Pada N73

Saya kira,semua teman-teman pasti mengenal ponsel merk Nokia tipe N73.Ponsel itu merupakan salah satu ponsel Nokia yang cukup laris di pasaran karena kualitas kameranya yang unggulan untuk ukuran 3,2 MegaPixel.Ditambah lagi dengan lensa optik Carl Zeiss.Kameranya sangat bagus untuk digunakan ketika mengambil gambar-gambar momen-momen berharga.Menurut sebuah ulasan yang dapat dipercaya,kualitas kamera N73 hanya kalah dari kamera SE K800i.Woww...bagus,kan?

Saya juga mengira bahwa mungkin banyak diantara teman-teman yang mengunjungi blog ini menggunakan Nokia N73.Kalau bukan,ya juga ngga apa-apa.Sekedar menduga-duga saja.

Nah,jika seandainya teman-teman memang pengguna N73 atau mungkin teman dari teman-teman sekalian adalah pengguna N73,aku ingin apakah kalian atau mereka pernah mengalami satu masalah klasik pada ponsel tersebut?Masalah klasik Nokia N73 itu adalah memori penuh atau memory low,istilah bahasa jawa-nya...

Saya kira pasti pernah.Karena bukan hanya teman-teman yang mengalaminya.Teman-temanku di dunia nyata saja banyak yang mengalami hal serupa.Nokia N73 yang mereka gunakan tiba-tiba memunculkan notifikasi memori penuh,padahal sebelumnya normal-normal saja.Awalnya saya mengira hanya masalah sepele.Tetapi setelah browsing sana sini di internet,nanya-nanya ke tempat service ponsel,ternyata...memori penuh itu memang merupakan penyakit mematikan bagi ponsel Nokia N73.

Apakah itu artinya Nokia N73 adalah produk gagal nokia dan merupakan barang jelek?Jawabannya tidak!Nokia N73 bukan produk gagal.Yang menjadi penyebabnya adalah firmware ponsel serta sebuah aplikasi bawaan Nokia N73 itu sendiri,yaitu LifeBlog.Kalian pasti bisa menemukannya di folder aplikasi.

Oke deh kalau begitu.Karena sesungguhnya saya tidak hendak menjelek-jelekkan Nokia N73 (harap para penggemar ponsel N73 ngga marah) juga tidak hendak menjelaskan penyakit ponsel itu (judulnya kan solusi,bukan penyakit),maka baiklah,saya akan memulai penjelasan mengenai solusi mengatasi masalah di atas.

Pertama-tama,kita perlu mengetahui apa penyebab memori penuh pada N73.Masalah itu disebabkan oleh bertumpuknya database pada aplikasi Nokia Lifeblog.Lifeblog sendiri adalah kombinasi perangkat lunak untuk ponsel dan PC yang membuat buku harian multimedia dari pengumpulan item oleh perangkat kalian. Lifeblog mengatur semua foto, video, suara, pesan teks, pesan multimedia, dan posting weblog kalian ke dalam suatu kronologi yang dapat kalian telusuri, cari, bagi, terbitkan, dan dapat dibuat salinan cadangannya.

Sebenarnya Nokia Lifeblog merupakan feature yang menarik. Masalah Low Memory timbul karena Lifeblog secara otomatis menyimpan data-data tersebut ke memori telepon. Dengan kapasitas memori telepon yang hanya 40MB, dalam hitungan minggu tentu akan segera penuh.

Ada satu solusi yang mungkin merupakan solusi terbaik buat mengatasi masalah memori penuh di atas.Solusi tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi Nokia Lifeblog PC, aplikasi khusus untuk me-manage Lifeblog menggunakan PC.Aplikasi tersebut bisa di download langsung dari website Nokia. Sayangnya, aplikasi ini memiliki ukuran yang cukup besar, yaitu 16,8 MB.Nokia Lifeblog PC memungkinkan kita untuk memindah data-data yang ada pada Lifeblog HP. Hal itu berarti akan membuat memori telepon Anda kembali kosong/normal.

Tetapi solusi di atas harus menggunakan sebuah PC dan sialnya,cara menggunakannya sedikit rumit.Karena saya tidak mempunyai N73 dan belum mencoba-nya sendiri,jadi solusi di atas silakan kalian coba sendiri.Jika sudah kucoba sendiri,aku akan memberitahukannya kepada kalian nanti...Kalau mau mendapatkan lifeblog for PC,silakan download dari link di bawah.

Opsi kedua adalah dengan menghapus file database lifeblog itu sendiri langsung di ponsel yang mengalami masalah tersebut.Syarat utamanya adalah bahwa ponsel itu harus sudah memiliki aplikasi file manager seperti X-Plore.Caranya mudah,yaitu :

Jalankan X-Plore,terus di option > configuration > centang Show system files/folders.Sekarang system files ponsel akan kelihatan semua.Selanjutnya terus back,silahkan menuju C:>Data>lifeblog>Database>Lifeblog.db

Delete file Lifeblog.db, ups,tidak bisa ya,jangan panik..ada cara tersendiri untuk menghapusnya.Sekarang kembali Folder Database,lalu rename folder Database,terserah mau di rename apa saja yang penting di rename.Nah setelah di rename,coba delete file Lifeblog.db nya.Pasti sudah bisa.

Opsi kedua ini tentu juga punya kelemahan,yaitu sudah harus tersedia aplikasi file manager di ponsel kalian.Jika belum,artinya hanya bisa menggunakan opsi terakhir di bawah ini.Soalnya jika memori penuh sudah muncul,kita tentu tidak akan bisa menginstall aplikasi di ponsel,bukan?

Opsi terakhir tentu sudah jadi jalan keluar paling umum yang pasti sudah ada di benak kalian.Hard Reset!Ya,itulah opsi paling mudah jika mau simpel dan tidak mau repot.Hanya saja,bersiap-siaplah untuk kehilangan semua data di ponsel,termasuk aplikasi dan game yang sudah terinstall!Untuk data ponsel,sebaiknya di backup dulu,seperti kontak dan lain-lainnya.

Cara melakukan hard reset ponsel Nokia symbian sangat mudah.Semua ponsel symbian bisa menggunakan cara ini.Cukup tekan *#7370# dari layar homescreen alias standby,kemudian akan muncul notifikasi "kembali ke pengaturan awal?Telepon akan melakukan restart".Silakan tekan OK dan akan muncul kotak dialog untuk memasukkan kode kunci ponsel.Silakan masukkan kode kunci ponsel kalian.Kode kunci standar ponsel Nokia adalah 12345.Selanjutnya ponsel akan me-restart.Tunggu hingga menyala kemudian silakan cek memori ponsel kalian.Sebaiknya kalian mencabut kartu memori ketika melakukan Hard Reset.

Cara lain melakukan hard reset jika menggunakan *#7370# tidak berhasil adalah dengan menekan tombol * , 3 , dan dial (hijau/gambar telepon) dalam keadaan mati kemudian nyalakan ponsel.Selama menyala,jangan lepaskan tombol on-off.Biarkan sampai muncul tulisan formatting (pada nokia symbian edisi pertama dan kedua) pada layar ponsel.Pada symbian edisi ketiga,tulisan itu tidak muncul.Petunjuknya formatting-nya adalah waktu nyala yang lebih lama.Jika sudah berhasil,ponsel akan otomatis menanyakan lokasi kalian berada,meminta kalian mengatur jam dan tanggal.Jika gagal,ponsel akan langsung ke layar standby tanpa peringatan apa-apa.Itu artinya tekanan pada tombol kurang pas atau meleset atau tidak tertekan sama sekali.Silakan coba kembali.

Demikianlah solusi mengatasi memori penuh pada N73.Semoga teman-teman tidak mengalami hal serupa,atau jika memang mengalami-nya,tidak usah repot atau panik karena sudah mengetahui penyebab dan bagaimana solusinya.Selamat mencoba.




NB : Tips di atas merupakan rangkuman dari beberapa cara yang pernah Admin coba pada beberapa ponsel N73 teman-teman Admin.Semuanya berhasil dengan baik kecuali cara pertama.Jika teman-teman sekalian mengalami masalah serupa dan tidak bisa menyelesaikannya dengan cara di atas,silakan hubungi Admin melalui Facebook.Admin akan berusaha membantu sebisa mungkin.Terimakasih.

14 comments:

kharraz said...

thx sblmnya.. Gue juga pernah ngalamin ini, gue coba cara ketiga dan hasilnya memuaskan,dgn catatan cabut dulu mmc nya!tapi gue coba cara kedua ga bisa sembarang rename pake sembarang nama.. Trus ngerenamenya jadi gimana nih? Ada name khususnya ya?

Unknown said...

Bisa,kok.Saya sudah mencobanya dengan merename.Waktu itu,saya menghapus satu huruf pada folder tersebut.(Huruf pada bagian akhir.Saya belum mencoba dengan menghapus yang lain atau merename-nya dengan nama lain).

Anonymous said...

yes hp gue udah sembuh hahahahha
mksh mas infonya :)

akhmad khoiron rofiq said...

boleh tanya.. untuk cara ke 3 tun butuh proses brapa lama.. saya coba berkali2 lebih dari 15menit tp kgk bisa2... cm muncul nOKia kira23-5menitan.. trus ngeblank.... kira2 8 menitan muncul NOKia lagi.....
saya jga ga tau N73 sy itu sybiyan versi 1. 2 or 3...
mungkin ada pencerahan.. trima kasih!!

Unknown said...

@ahmad : Cara pertama pake *#7370# dan terus masukkan kode kunci ponsel,maka ponsel akan melakukan restart sekitar 5 menit.Sedangkan cara kedua yaitu dengan menekan tombol * , 3 , dan dial (hijau) dalam keadaan ponsel mati,terus menekan on/off untuk menyalakannya (ingat,tombol on/off tidak boleh di lepas dan harus terus di tekan).Ponsel akan menyala dan memakan waktu sekitar 5 menit.Jika hard reset berhasil,maka ponsel akan meminta kita memilih area negara di mana kita berada.Hard reset ngga memakan waktu sampai berpuluh-puluh menit,kok.Mungkin ada yang salah dengan ponsel agan jika hanya nge-balnk saja.
N73 termasuk symbian 3rd edition,tepatnya symbian 9.0 pre fp1 (jadi tidak menampilkan tulisan formatting selama hard reset).

Unknown said...

@ahmad : Sebelumnya saya ingin tahu,jika dinyalakan dalam kondisi normal,apakah ponsel agan bisa menyala?Jika bisa,maka silakan dicoba lagi untuk melakukan hard reset.Terkadang hard reset bisa gagal karena tombol tidak di tekan dengan baik.Mungkin perlu beberapa kali usaha baru bisa berhasil.Pastikan juga agan sudah melepaskan memori card sebelum melakukan hard reset.

Anonymous said...

malam... HP nokia saya memory low seperti kasus di atas... saya ingin tanya, bisakah lifeblog diformat lewat PC suite? untuk option ke3 setelah direset total, masih bisakah saya melakukan koneksi internet dengan HP? karena saya memakai HP nokia N73 ini sebagai modem internet.

Unknown said...

@anonym : bisa saja.Bukan di format di pc,melainkan di back up ke pc.Gunakan saja aplikasi lifeblog for pc untuk mem-back-upnya.Setelah di reset ulang,seharusnya tetap bisa dijadikan modem.Itu ngga ada pengaruh sama sekali kecuali bahwa data-data ponsel hilang semua.Yah,mungkin agan cuma perlu menyetting handphone-nya lagi.Itu saja.

Anonymous said...

oh gitu ya, makasih banyak untuk infonya.

Anonymous said...

Makasih Gan infonya.... Bantu banget deh... :D

Anonymous said...

gan....
kalo masalahnya pesan g tampil di desktopnya terus g da bunyi pesan gitu....
padahal uda ane ram blow.....
tapi kadang tetep aj kayak gitu....
mohon pencerahannya....

Unknown said...

cba cek memori telepon..yang tersisa tgl brpa.kalo msh bnyk,berarti mslh ada pda system yang eror.satu2nya solusi direset ulang dngn *#7370# atau hard reset 3 jari.Back up datanya terlebih dlu sblm melakukan reset.

Anonymous said...

Min, sy udh lakuin cara pertama maupun yg 3 jari.. Udh mnta konfirmasi lokasi n wktu jg.. Tpi ttp aja memory full.. Gmna dong?

budisant said...

thank you off advantage

Post a Comment

Janganlah pelit memberikan komentar yang membangun agar Admin semakin bersemangat memposting artikel-artikel baru di blog kesayangan kita ini...