INGIN CEPAT HAMIL?

Tuesday 26 October 2010

3RD EDITION : Pico Drive : Emulator Game Sega Genesis

Sejak dulu,game-game produksi SEGA memang sangat populer dan selalu asyik di mainkan,sampai-sampai dibuat versi ponselnya dengan format java.Sayangnya,versi java dari Game SEGA tidak terlalu menarik serta hanya mendukung layar ponsel dengan resolusi tertentu.Oleh karena itulah dibuat emulator untuk memainkan game SEGA dengan format *bin,*iso,*cue,*gen dan *smd.Banyak emulator yang beredar untuk ponsel-ponsel bersystem operasi symbian,termasuk symbian edisi ketiga.Hanya saja,beberapa diantaranya tidak mendukung layar landscape seperti layar ponsel E63.Nah,sampai akhirnya diciptakanlah sebuah emulator yang menurutku sangat baik,yaitu PicoDrive.Emulator untuk ponsel symbian edisi ketiga ini mendukung layar portrait maupun landscape.

PicoDrive merupakan sebuah emulator untuk memainkan game-game SEGA dengan format-format di atas di dalam sebuah ponsel.Hebatnya,aplikasi ini mendukung banyak tipe ponsel dengan berbagai macam system operasi,baik itu symbian,UIQ,Windows Mobile Smartphone dan lain sebagainya.Untuk keterangan lengkapnya,bolehlah kalian mengunjungi situs resminya di sini.

Asyiknya menggunakan PicoDrive adalah bahwa aplikasi ini bisa memainkan game yang di simpan dalam kompresi file zip.Jadi,tanpa perlu mengekstrak file zip sebuah game,kita bisa memainkannya dengan aplikasi ini.Dengan demikian,tentu saja kita akan menghemat ruang memori.

Sebelum mulai bermain sebaiknya lakukan pengaturan atau konfigurasi terlebih dulu agar bisa bermain dengan nyaman. Terutama pada menu Configure controls. Sorot menu tersebut lalu pencet softkey kiri atau Enter (Return), di dalamnya ada menu Player 1, disini kita bisa melakukan assign pada aksi – aksi yang ada dengan tombol yang kita inginkan saat bermain sendiri. Caranya sorot pada aksi yang akan ditandai lalu klik tombol yang diinginkan. Untuk mengganti atau menghapus klik Backspace (C). Jika ingin menggunakan tombol navigasi (up, down, left, right), klik dan tahan terlebih dahulu tombol Backspace (C). Bila selesai dan mau keluar, sorot Done dan klik Backspace.




Di Emulator Controls, kita bisa membuat shortcut pada beberapa opsi seperti Load State, Save State dll, caranya sama seperti konfigurasi menu Player di atas.Sementara menu yang lain terserah kepada  teman-teman,apakah mau diedit atau dibiarkan dalam pengaturan default.



ROM yang telah didownload letakkan di kartu memori dan buatkan folder khusus misalnya E/Sega atau E: / PicoDrive. Untuk me-load game, sorot Load new ROM/ISO dan pencet softkey kiri atau Enter lalu cari folder tempat kita menyimpan ROM tadi dengan menggunakan softkey kiri atau Enter.Klik pada ROM dan permainan akan dimulai.



Satu lagi kelebihan PicoDrive ini, gambar backgroundnya bisa kita ganti dengan gambar yang kita inginkan. Caranya, buat gambar dengan resolusi sesuai resolusi layar ponsel dan simpan dalam format *.png dengan nama background. Letakkan (overwrite) gambar tersebut di C/Data/picodrive/skin/. Begitu juga dengan warna teks dan selector(highlighter) dapat diganti warnanya dengan mengedit file skin.txt di folder yang sama. Biar lebih jelas lagi baca file readme.txt yang juga berada di folder yang sama. Jadi jangan heran melihat ada gambar Megan Fox ada di screenshot.

Jika teman-teman tertarik dan ingin mencoba,silakan download dari link di bawah ini.Saya sediakan juga link 5 buah ROMs Sega Mega Drive sebagai sample dan sebuah link untuk mendownload file ROM lainnya.






Sumber : VPAtology

NB : Aplikasi di atas sudah di test oleh Admin dan berjalan dengan baik di ponsel E63.Jika link download bermasalah,silakan request ke Admin.Secepatnya akan di upload kembali untuk kalian.

No comments:

Post a Comment

Janganlah pelit memberikan komentar yang membangun agar Admin semakin bersemangat memposting artikel-artikel baru di blog kesayangan kita ini...