INGIN CEPAT HAMIL?

Sunday, 9 January 2011

TUTORIAL Merubah Nokia N70 Dan N73 Standart Edition Menjadi Music Edition

Teman-teman mengenal ponsel Nokia N70 dan N73?Saya kira ya.Nokia N70 dan N73 merupakan dua tipe dari sebagian banyak tipe-tipe ponsel keluaran Nokia.Dan kedua seri ini pernah di buat dalam dua versi berbeda,yaitu Nokia N70 Standart dengan N70 Music Edition serta N73 Standart denban N73 Music Edition.Apa perbedaan mereka?Pertama dari tampilan.Nokia N70 dan N73 Standart mempunyai casing dengan warna silver,sedangkan N70 dan N73 Music Edition mempunyai casing dengan warna hitam (full black).Itu luarnya.Dalamannya lain lagi.Nokia N70 dan N73 Standart hanya dibekali memori card seukuran 128MB,bandingkan dengan N70 ME yang dibekali 1GB dan N73 ME yang dibekali 2GB.Selain itu,perbedaan paling mencolok dari versi standart dan Music adalah software-nya.Di seri Music-nya,N70 dan N73 memiliki software musik yang lebih canggih jika dibandingkan dengan versi standart-nya meski hardware-nya tanpa perbedaan sama sekali.

Saya kira,cukup demikian saja penjelasan mengenai N70 dan N73 standart maupun Music Editionnya.Yang akan saya bahas di sini adalah tutorial merubah ponsel Nokia N70 dan N73 standart menjadi Music Edition.Jadi,jika teman-teman memiliki ponsel N70 maupun N73 Standart serta ingin menjadikannya seri Music,tidak usah pusing dan mengeluarkan dana lebih untuk membeli versi Musicnya.Cukup dengan sedikit trik,maka ponsel Nokia N70 maupun N73 standart milik teman-teman bisa menjadi Music Edition.(Tentu saja software-nya doang.Untuk hardware yaitu memori dan casing,silakan beli sendiri).

Bagaimana cara-nya merubah ponsel N70 dan N73 standart menjadi Music Edition?Gampang dan hanya butuh sedikit keberanian saja untuk menanggung resiko-nya.Bagi yang berminat,silakan ikuti toturialnya berikut ini.

Pertama-tama,seperti biasa,sebelum memulai prosesnya,kita perlu menyiapkan peralatan tempur seperti di bawah ini :

1.Sebuah PC atau Notebook.
Saya lebih menyarankan agar menggunakan Notebook untuk menghindari mati listrik di tengah-tengah proses merubah firmware ponsel.

2.Kabel Data yang sesuai.
Untuk ponsel N70 dan N73 menggunakan kabel data DKU-2 atau entah apa tuh istilahnya.

3.Navifirm
Untuk yang satu ini,cara menggunakannya bisa kalian lihat di postingan sebelumnya di sini.

4.Nemesis Service Suite (NSS)
Seperti Navifirm,software ini juga sudah di jelaskan di sini.

5.Nokia Software Updater (NSU)
Silakan lihat ulasan lebih jelas-nya di sini.

6.Phoenix
Jika kalian menggunakan NSU,software ini tidak di perlukan.Sebaliknya,jika kalian lebih memilih menggunakan Phoenix,maka NSU tidak di butuhkan.Gunakan salah satu saja.

Install semua software yang sudah kalian download ke PC atau Notebook kalian.Jika kalian menggunakan Phoenix,harap matikan fungsi PC Suite atau OVI Suite maupun aplikasi Nokia lainnya yang terdapat di dalam PC kalian. 

Nah,jika semua peralatan di atas sudah tersedia,maka proses merubah N70 dan N73 standart menjadi Music Edition siap dilakukan.Silakan ikuti step by step-nya di bawah ini.Harap jangan melakukan kesalahan walaupun sebenarnya resiko kerusakan sangat kecil sekali.

N70 Standart To N70 Music Edition

Langkah awal merubah firmware standart menjadi music adalah dengan merubah kode produk ponsel.Sebelum memulai proses merubah N70 standart menjadi Music edition,silakan lihat kode-kode di bawah ini.

N70 RM-84 Music Edition:

0536418 Euro-1 / Music edition
0539211 France / Music edition
0539212 ALPS / Music edition
0539213 Euro-2 / Music edition
0539214 Turkey / Music edition
0539216 South Africa / Music edition
0539218 Scandinavia / Music edition
0539221 Baltian / Music edition
0539222 Russian / Music edition
0539224 Ukraine / Music edition
0539226 CIS, Bulgaria / Music edition
0539229 Hun, Czech, Slov / Music edition
0539232 Balkans / Music edition
0539233 Greece/Cyprus / Music edition
0539237 Lebanon / Music edition
0539240 GULF / Music edition
0539242 Israel / Music edition
0539243 Romania / Music edition

޲N70 Music Edition RM-84 APAC codes
============
0539266 Apac1
0539272 Philippines
0539273 Australia
0539353 New Zealand
0539275 Indonesia
0539276 India, Vietnam
0539270 Thailand
-------------------------

N70 STANDARD RM-84 APAC codes
============

0524113 Taiwan / Stainless Silver & Black
0524114 Taiwan / Ivory Pearl and Aubergine
0524115 Hong Kong / Ivory Pearl and Aubergine
0524116 Hong Kong / Stainless Silver & Black
0524117 APAC1 / Ivory Pearl and Aubergine
0524118 APAC1 / Stainless Silver & Black
0524119 Philippines / Ivory Pearl and Aubergine
0524120 Philippines / Stainless Silver & Black
0524122 Australia, New Zealand / Stainless Silver & Black
0524123 Australia, New Zealand / Ivory Pearl and Aubergine
0524124 Thailand / Ivory Pearl and Aubergine
0524125 Thailand / Stainless Silver & Black
0524126 Indonesia / Ivory Pearl and Aubergine
0524127 Indonesia / Stainless Silver & Black
0524128 India, Vietnam / Ivory Pearl and Aubergine
0524129 India, Vietnam / Stainless Silver & Black
0534652 India, Vietnam / Black and Stainless Silver - refresh
0534654 Indonesia / Black and Stainless Silver - refresh
0534677 Thailand / Black and Stainless Silver - refresh
0534678 Philippines / Black and Stainless Silver - refresh
0534687 Apac-1 / Black and Stainless Silver - refresh
0534699 Australia, New Zealand / Black and Stainless Silver - refresh

1.Koneksikan kabel data ke ponsel N70 standart.

2.Jalankan Nemesis Service Suite.

3.Klik tanda kaca pembesar yang terdapat di pojok kanan atas windows NSS.NSS akan mendeteksi ponsel kalian.

4.Akan muncul menu baru pada windows NSS seperti gambar di bawah ini.




 
5.Klik pada menu Phone Info kemudian scan dan NSS akan menampilkan menu seperti gambar di bawah ini.



6.Lanjutkan dengan klik menu read yang terdapat di sebelah kanan.NSS akan menampilkan info mengenai ponsel kalian seperti pada gambar di bawah ini.




 7.Lihatlah angka-angka pada tulisan Product Code.Ubah angka-angka yang ada menjadi kode product Music Edition yaitu 0539275 untuk kode Indonesia.Centang box pada tulisan enable.Selanjutnya klik menu write yang terdapat di bawahnya.

8.Selesai.Kini N70 standart milik kalian sudah menjadi kode produk N70 Music Edition.Exit dari NSS.

9.Langkah selanjutnya adalah proses upgrade firmware N70 Standart menjadi N70 ME.

10.Untuk pengguna NSU,silakan jalankan aplikasi tersebut dan biarkan NSU bekerja.NSU akan mendeteksi ponsel yang terkoneksi ke PC secara otomatis,untuk kemudian mencari firmware terbaru yang tersedia.Karena kode produk N70 standart sudah di ubah menjadi kode N70 ME,maka NSU otomatis akan mendownload firmware N70 ME untuk kemudian diinstall ke dalam ponsel.Selama proses upgrade ini,jangan pernah mengutak-atik ponsel kalian atau mencomot kabel data yang bisa mengakibatkan matinya ponsel.

11.Untuk pengguna Phoenix,sebelumnya kalian perlu mendownload firmware N70 ME dengan menggunakan Navifirm.Silakan download dengan firmware yang mempunyai kode produk sama,yaitu 0539275.Selanjutnya letakkan file firmware yang sudah kalian download tersebut ke  C:\Program Files\Nokia\Phoenix\Products\RM-xxx (xxx adalah kode produk N70,yaitu rm-84).

12.Langkah selanjutnya seperti cara upgrade ponsel dengan phoenix biasanya.Silakan baca di sini jika kurang jelas mengenai cara-nya.

13.Setelah proses upgrade selesai,maka N70 kalian sudah memiliki firmware Music Edition.Cara memastikannya mudah,yaitu dengan menjalankan aplikasi Music Player dan lihat perbedaannya.Selain itu,kalian juga boleh memastikannya dengan menekan tombol multimedia.Pada N70 standart,begitu tombol multimedia di tekan,kalian akan di bawa ke menu multimedia.Pada N70 ME,kalian akan langsung mendapati Music Player.Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Nokia N73 Standart to N73 Music Edition

Langkah-langkah merubah N73 standart menjadi N73 ME tidak jauh berbeda dengan N70 Standart menjadi N70 ME.Perbedaannya hanya terdapat pada kode produknya saja.Silakan lihat kode produk N73 Music Edition di bawah ini.

0537289 Euro 1
0539193 France
0539207 Alps
0539239 Euro 2
0539256 Turkey
0539265 South Africa
0539269 Scandanavia
0539278 Baltains
0539279 Russia
0539284 Ukraine
0539285 Bulgaria
0539289 Hungary
0539291 Balkans
0539293 Greece/Cypurs
0539294 Lebanon
0539295 Gulf
0539298 Israel
0539299 Romania
0539343 Chinese, English
0539346 Philippines,English, Indonesia, Malaysia, Philipino
0539349 Australia/New Zealand,English, Indonesia, Malaysia, Philipino
0539352 Indonesia -> English, Indonesia, Malaysia, Philipino
0539354 India/Vietnam -> English, Indonesia, Malaysia, Philipino
0539351Thailand -> English, Thai
0539341 Belarus
 
Langkah-langkah selanjutnya silakan sesuaikan dengan langkah-langkah merubah N70 Standart menjadi N70 ME.Bedanya hanya pada langkah ke-7 yaitu pada saat memasukkan kode produk.Jangan sampai kalian salah memasukkan kode produk yang berbeda.Untuk mengembalikannya ke semula,silakan jalankan NSS kembali dan masukkan kode sebelumnya.Selamat Mencoba dan semoga berhasil.






SUMBER :  Forum Djawir

NB : Tips di atas sudah di test sendiri oleh Admin dengan menggunakan ponsel N73 Standart.Segala resiko karena kesalahan ketika menggunakan tips di atas di luar tanggungjawab Admin.Jika link download bermasalah,silakan request ke Admin.Secepatnya link akan diperbaiki.

27 comments:

Lee_Fernandes said...

Mantab gan. Thanks yah. Like this. Keep spirit gan. Post lebih banyak lagi ttg HP gan.

Dicky said...

Sip..kalo ada yang baru lagi,pasti ane posting di sini...

Aphen said...

ckckckc......hp jadi matot d...

Aphen said...

gan....tu pake kabel flash apa kabel data?thx...

Dicky said...

Pake kabel data aja.Kan udah di tulis dalam artikel.N70 n N73 pake kabel data DKU-2.Biasanya sudah berikut dalam paket pembelian ponsel.Jika ngga ada,cari aja di toko2 aksesories handphone terdekat.

Anonymous said...

Gagal bisa matot ga ya ne HP??

Dicky said...

Klo cuma ngubah kodenya sih ngga bakal mati.Cma klo pas flashingnya ya resikonya matot klo gagal.Cma jarang kejadian sih..yg pnting file fw-nya ngga korup trus ngga disconnect wktu proses flashing,maka ngga akan mti,kok.

Ncep said...

klo lgsung flash pk JAF tanpa rubah kode dulu bisa ga y gan??

Anonymous said...

mantaps, ane dah berhasil upgrade n70 stnd ke n70 me. maksih mas bro.

Cute said...

Sama2,mas...

Andi Edi MSh said...

aplikasi untuk di notebook ku gak ada. Nokia pc suite gak bisa ya??? thanks atas infonya. semoga jadi amal jahiriyah.amin

Cute said...

@Andi Edi : Mank notebook-nya apa?Kan link aplikasi-nya udah di kasi,tinggal download,terus pake deh sesuai tutorialnya..

Anonymous said...

kalo buat ngerubah dari simbian versi2 ke versi 3 bisa pa gak bos???pake n70

herni indriyati said...

@anonim : ngga bisa,mas..kalo update firmware,bisa,tapi ganti versi symbian,tidak memungkinkan.

Info Unik said...

Wah thx bgt bro infonya :)

FALOPU CYBER said...

mudah"an filenya masih bisa didownload...
sya bookmark dulu ya mas...
thx udah kasih tutorialnya, sukses slalu mas blog nya.

indra sugara said...

hebat boss.

krisna said...

gan background apa itu??
aku jd ngaceng

obattradisionaldarahtinggi said...

mantap...

Anonymous said...

kalo ganti os bs gx ya?

D'Childish said...

klo meng upgrade n70 me ke versi selanjutnya bisa ga gan..
Klo bisa kasihtau gan.
Atau inbox caranya..
Makasih gan..
Smoga bermanfaat artikelny

dicky kurniawan said...

@Anonim : Nggak bisa,gan..ganti os hanya berlaku untuk android.Klo symbian nggak bisa.
@D'Childish : Sayang sekali N70 hanya bisa mendukung symbian s60v2 saja dan nggak bisa di upgrade ke versi lebih atas lagi.

Kenayurizwa keli said...

mantappp,,,gan minta software aplikasi modem n70 dong....

dicky kurniawan said...

@Kenayurizwa keli : kalo pengen menjadikan N70 sebagai modem,tinggal install nokia ovi suite ke notebook atau pc lalu koneksikan N70-nya ke pc dengan menggunakan kabel data dan gunakan modus pc suite.Seterusnya tinggal setting aja di ovi suite untuk dikoneksikan ke internet.

Ainul Yaqin said...

Mantap Gan,,,

hendy alexander said...

gan kalo mengubah isi drive Z atau ROM bisa gak

hendy alexander said...

gan kalo mengubah isi drive Z atau ROM di n73 bisa gak kalo bisa gimana caranya

Post a Comment

Janganlah pelit memberikan komentar yang membangun agar Admin semakin bersemangat memposting artikel-artikel baru di blog kesayangan kita ini...