INGIN CEPAT HAMIL?

Saturday 23 April 2011

REVIEW : Opera Mini 6 VS Ucweb 7.6 Final Version



Bagi teman-teman pengguna ponsel yang sering berinternet ria atau surfing atau berselancar ke dunia maya atau browsing atau apa aja deh istilahnya,tentu mengenal aplikasi browser tambahan pihak ketiga sebagai pengganti browser bawaan ponsel yang terasa monoton.Sebenarnya banyak sekali aplikasi browser pihak ketiga ini yaitu di antaranya adalah Opera Mini,Opera Mobile,Ucweb Browser sebagai pemain baru,BOLT Mobile Browser,Netfront,SkyFire dan lain sebagainya,tetapi kali ini saya hanya ingin membahas dua diantaranya yang paling populer saat ini,yaitu Opera Mini dan Ucweb Browser.Mana diantara kedua aplikasi ini yang lebih baik dan menarik?

OPERA MINI

Berbicara opera mini,saya rasa sebagian besar pengguna ponsel,baik itu ponsel java maupun ponsel bersystem operasi seperti Symbian,Windows Mobile maupun Android sekarang,tentu mengenal aplikasi browser satu ini.Opera mini merupakan sebuah aplikasi browser bentuk minimalis dari versi Mobile yang dikenal dengan nama Opera Mobile.Perbedaan paling mencolok adalah tampilan ketika browsing.Opera mini akan mengecilkan tampilan halaman web sesuai ponsel,sementara Opera Mobile menyesuaikan dengan versi desktop.Persamaannya,keduanya dibagikan secara gratis oleh OPERA.

Opera Mini adalah pemain lama dalam soal aplikasi browsing di ponsel.Tercatat,aplikasi ini bahkan sudah digunakan puluhan juta pengguna internet ponsel.Keunggulan opera mini yang paling utama adalah fitur kompresi halaman web-nya.Jika halaman web standar bisa mencapai ratusan bahkan hitungan megabyte,maka ketika dibuka menggunakan opera mini,halaman web tersebut akan dikompres sekecil mungkin sehingga data yang digunakan juga kecil yang bertimbal balik dengan hematnya pulsa.

Saat ini Opera Mini sudah memasuki versi 6,yang tersedia untuk versi symbian dan java,juga Android,windows phone dan Blackberry.Beberapa fitur utama yang ditambahkan di Opera Mini 6 yaitu:

1.Tampilan baru

Opera Mini 6 tampil dengan desain yang baru dan ditingkatkan, termasuk skin yang baru (warna hitam,sedangkan OP5 menggunakan warna merah standart opera), dan tombol zoom dan jump to untuk pengguna layar touchscreen.Jika pada opera mini 5 pengguna ponsel touchscreen kadang mengalami kesulitan untuk mengakses menu,kini sudah diperbaiki pada versi 6 ini.

2.Fitur Share

Share link ke situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter langsung dari Opera Mini 6.

3.Dukungan Video YouTube

Klik video di YouTube Mobile untuk memutar video langsung pada media player handphone (jika ada).

4.Peningkatan zoom untuk layar sentuh

Pinch-to-zoom sekarang didukung untuk perangkat multitouch. perangkat sentuh Reguler sekarang zoom dengan keran-ganda, atau dengan tombol baru Opera zoom.

5.Dirancang untuk Tablet (IPad, Galaxy Tab, dll)

Rancangan antarmuka yang baru bagi pengguna tablet.

6.Open Link in Background (Membuka Link di Latar Belakang)

Membaca berita tanpa terganggu dengan multi tab dan membuka link baru di latar belakang.(pada OP5,kita akan langsung di bawa ke tab baru).

7.Dukungan Font yang lebih baik

Rendering font yang lebih baik untuk font Asia, termasuk Thailand dan Arab.

Berikut perubahan mendetail untuk setiap device:

Opera mini 6 versi Java:

1.Perbaikan untuk beberapa perangkat LG dan Samsung dan juga pada Landscape Mode.

2.Perbaikan untuk halaman yang disimpan tidak ditampilkan dengan benar pada beberapa perangkat Samsung.

3.Perbaikan perangkat Sony Ericsson dimana akan muncul notifkasi misplaced keys.

Opera mini 6 versi BlackBerry:

1.Perbaikan terhadap sensitivitas navigasi trackpad pada Blackberry.

2.Shortcuts Baru! Sekarang Anda dapat memilih apakah Anda ingin menggunakan jalan pintas Opera Mini, atau cara pintas BlackBerry melalui Tools -> Settings -> Advanced.

3.User interface yang halus dan juga lebih responsif.
4.Ukuran Font telah ditingkatkan dan kini menjadi standar di semua perangkat.
5.Kecepatan Start up dipercepat.
6.Berbagai perbaikan di kolom input.

Opera mini 6 versi Android:

1.Pinch to zoom

2.Beberapa perbaikan yang berkaitan untuk entri teks dan auto-completion.
3.Kecepatan Start up yang lebih cepat.
4.Sekarang Anda dapat memilih untuk menyembunyikan dan menampilkan baik Status dan bar navigasi melalui Tools -> Settings.

5.Misplaced keys telah diperbaiki.

Opera mini 6 versi Symbian Series 60:

1.User interface yang halus dan juga lebih responsif..

2.Dukungan untuk cut, copy dan paste.

3.Pinch untuk zoom pada perangkat Symbian ^ 3.

4.Touch feedback support untuk Series 60 5th Edition dan Symbian ^ 3 perangkat.

5Peningkatan input – dan input lebih baik untuk karakter China dari pihak ketiga.

6.Dukungan terhadap 3rd Edition Feature Pack 2 devices dan diatasnya.

7.Perbaikan masalah flickering di perangkat 3rd Edition Feature Pack 1 dan 2.


UCWEB BROWSER

Bertolak belakang dengan Opera Mini,Ucweb merupakan pemain baru aplikasi browser.Namun meski baru,tetapi pengguna aplikasi ini sudah cukup banyak dan mulai menyaingi ketenaran Opera Mini.Kelebihan utamanya tentu saja soal platform.Seperti OP,Ucweb juga mendukung multiplatform.Ucweb mendukung system operasi Symbian,Windows Mobile,Iphone,dan Android serta Java.Ngga kalah sama Opera Mini,kan?
Selain itu,Ucweb juga mempunyai kelebihan berupa tampilan yang menarik.

Ucweb Browser saat ini sudah memasuki versi 7.6 untuk bahasa Indonesia dan Inggris.Sedangkan di negara asalnya yaitu China,Ucweb sudah memasuki versi 7.7.Perkembangan yang cepat memang.Nah,Ini dia beberapa kemampuan UCWEB Browser 7:

1.Layoutnya lebih bagus daripada versi sebelumnya. Dimana sekarang terdapat Zoom Mode. Alias browsing dengan tampilan penuh dan bukan tampilan mobile (Untuk versi Java).

2.Terdapat Cursor Mode, sehingga jika menu ini diaktifkan, akan ada cursor seperti di OperaMini (Untuk Versi Java).

3.Cachenya lebih bagus, saat Back tidak meload halaman kembali.

4.Menu utama disusun lebih teratur dan helpnya lebih bagus.

5.Layar bisa di putar sesuai keinginan.

6.Mendukung memainkan Flash 6 secara online (hanya bisa di Symbian v3&v5, PPC 2005).

7.Mengirimkan hasil download dan bookmarks dengan bluetooth (Untuk versi Symbian).

OPERA MINI 6 VS UCWEB 7.6

Nah,jika harus dibandingkan,manakah diantara kedua aplikasi ini yang terbaik?Kalau menurut pandangan saya yang sudah menggunakan kedua aplikasi ini cukup lama dalam satu ponsel,keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri.Mau tahu apa itu?Sekali lagi ini menurut hasil pengamatan saya saja..bukan hasil survei resmi.Jadi,harap tidak menjadikan review ini sebagai patokan..

Keunggulan OP6 dibandingkan Ucweb terdapat pada kapasitas data yang digunakan.OP6 masih seperti OP sebelumnya,sangat hemat ketika digunakan untuk browsing.Berbeda dengan Ucweb.Meski halaman web yang dibuka tetap dikompresi seperti OP6,data yang digunakan masih lebih besar daripada OP6.Selain itu,OP6 juga mendukung speed dial berupa 9 bookmarks yang paling sering kita kunjungi di tampilan antarmukanya sehingga sangat mudah untuk diakses saat diperlukan.Ucweb juga mendukung speed dial,namun penggunaannya sedikit ribet jika dibandingkan dengan OP.

Sementara kelebihan Ucweb dibandingkan OP juga ada beberapa poin.Pertama pada tampilan antarmuka pengguna.Ucweb mendukung penggunaan tema yang bisa dirubah sesuai keinginan kita.Tinggal download dan pasang.Sedangkan OP hanya mendukung tema standart saja.Kedua adalah kecepatan rendering halaman.Harus diakui,meski data yang digunakan lebih besar yang berimbas biaya internet lebih mahal,Ucweb membuka halaman lebih cepat dibandingkan OP.Selain itu,penggunaan kursornya juga halus/smooth,tidak terlalu kaku seperti OP.Ketiga adalah file manager.Ucweb mendukung penggunaan file manager untuk mengakses file-file di memori.Hal ini tidak berlaku untuk OP.Keempat adalah download manager-nya serta kecepatan download.Sebenarnya ini sedikit subyektif karena tergantung kartu yang digunakan dan daerah.Tetapi berdasarkan pengalaman saya yang menggunakan kartu IM3 dari Indosat dengan sinyal stabil,proses download menggunakan OP lebih lambat bahkan terkadang gagal download.Sedangkan selama menggunakan Ucweb,hal itu tidak pernah terjadi.Aneh,bukan?

Nah,sekiranya hanya itu saja yang bisa saya tulis di sini.Jika teman-teman mempunyai pandangan berbeda,silakan tulis di komentar agar pengunjung lainnya bisa sama-sama mengetahuinya. 







Apabila link download tidak berlaku,silakan akses dari ponsel untuk mendownload opera mini maupun ucweb browser ke alamat ini :

Opera Mini : mini.opera.com

Ucweb Browser : wap.ucweb.com 


No comments:

Post a Comment

Janganlah pelit memberikan komentar yang membangun agar Admin semakin bersemangat memposting artikel-artikel baru di blog kesayangan kita ini...