INGIN CEPAT HAMIL?

Saturday 25 September 2010

Cara Merubah Font Pada Symbian 1st Edition dan 2nd Edition

Bagi setiap pengguna ponsel symbian tentu sudah menyadari satu hal ini,yaitu semua font atau tampilan huruf pada system operasi tersebut adalah sama.Sebenarnya font asli ponsel symbian 1st edition dan 2nd edition cukup bagus,namun adakalanya kita berkeinginan untuk merubah huruf-huruf tersebut agar lebih menarik dan tentu saja agar berbeda dengan font ponsel teman-teman lainnya.Adakah cara merubahnya?Tentu saja ada!
Sebenarnya trik ini sudah jadul,namun karena saking jadulnya ~aku sendiri memperoleh cara ini melalui bacaan tabloid pulsa edisi entah ke berapa terbitan tahun 2005~ mungkin banyak diantara teman-teman sekalian yang tidak mengetahui caranya.Sudah lazim seperti itu karena terkadang sesuatu yang kelihatan remeh justru lebih sulit dari perkiraan kita.Bukan begitu?
Nah,cara gampangnya biasanya tentu nanya sama Mbah Google.Iya,kan?Mungkin ada di sana,tetapi untuk apa jauh-jauh jika aku sudah menyediakan caranya untuk kalian?
Trik merubah font mungkin sudah tidak asing lagi bagi pengguna symbian,baik itu edisi pertama,kedua maupun yang ketiga.Berbeda dengan cara merubah font pada symbian edisi ketiga yang mengharuskan hack ponsel,pada symbian edisi pertama dan kedua bisa dilakukan dengan trik gampang.Berikut turorialnya :

1.Siapkan ponsel yang mau di rubah fontasinya.Semua ponsel symbian edisi pertama dan kedua bisa digunakan.Contoh saja 6600,3660,N-Gage,dll.
2.Download aplikasi file manager pihak ketiga seperti Fileman,Seleq atau Fexplorer.Link donlot ada di bawah.Silakan cari pake google kalo mau repot.
3.Download aplikasi font remover untuk memudahkan kita menghapus font yang sudah di apply.Link donlot ada di bawah.
4.Download file font yang akan kita gunakan nanti.Link donlot ada di bawah.
5.Ekstrak file font.rar yang sudah kalian donlot pada langkah ke-4 dan simpan dalam memory card.Silakan letakkan folder font di root folder agar lebih mudah di temukan (e/fonts pada hape). 
6.Install aplikasi file manager yang sudah kalian donlot.Install salah satu saja atau boleh juga semuanya.Itu terserah kalian.Tetapi aku hanya akan memberikan tutorial menggunakan Seleq dan Smartfileman.Untuk pengguna Fexplorer,caranya kurang lebih sama saja.
7.Install juga aplikasi font remover.

Untuk pengguna Seleq :
1.Jalankan aplikasi SeleQ.
2.Masuk ke drive c.Sorot folder system dan pilih menu options/file/new dan pilih new folder.Tuliskan nama folder fonts.
3.Cek apakah kalian sudah berhasil membuat folder fonts tadi dengan masuk ke drive c/system/.
4.Jika sudah ada,kembali-lah ke drive e.
5.Temukan folder fonts yang sudah kalian simpan sebelumnya di sana.
6.Masuk ke folder fonts dan pilih salah satu file font yang hendak digunakan.
7.Tekan options/edit dan pilih copy.
8.Kembali lagi ke drive c/system dan sorot folder fonts.
9.Masih di folder fonts,tekan options/edit dan pilih paste.
10.Selesai.Restart ponsel kalian untuk melihat hasilnya.
11.Jika ingin merubah font dengan font-font lainnya,jalankan aplikasi font remover untuk menghapus font yang sedang digunakan.Tekan yes saja ketika muncul notifikasi delete font.Restart ponsel.
12.Ulangi lagi dari awal.
13.Tanpa menggunakan font remover juga bisa,yaitu dengan cara merubah nama folder fonts di drive c/system/ dengan nama apa saja.
14.Untuk merubah nama folder,masuk saja ke drive c/system/ dan sorot folder fonts.Tekan options/file/rename.
15.Hapus folder yang sudah di rename dan ulangi langkah berikutnya dari awal kembali.

Pengguna Smartfileman : 
1.Jalankan Smartfileman.
2.Masuk ke drive c/system/ dan pilih menu options/file/new/new folder.Kalian harus melakukannya dalam folder system,berbeda dengan SeleQ yang dilakukan diluar folder system.
3.Langkah selanjutnya sampai langkah ke-7 sama dengan di atas.
4.Kembali ke drive c/system/fonts.Buka folder fonts.
5.Tekan pilihan options/edit/paste.Paste di lakukan di dalam folder fonts,berbeda dengan SeleQ yang dilakukan di luar folder fonts.
6.Langkah selanjutnya sama dengan di atas.

Nah,begitu-lah caranya.Mudah,kan?Silakan rubah font-font ponsel kalian sesuai keinginan.Tetapi perlu teman-teman ketahui bahwa merubah font terlalu sering akan berakibat buruk terhadap software handphone.Benar atau tidak,aku kurang tahu karena informasi ini kudapatkan dari seorang teknisi handphone khusus software.
NB: Semua tips di atas sudah di coba sendiri,jadi di jamin berhasil.Segala resiko kerusakan di luar tanggung jawab admin.Jika kurang jelas,silakan contact admin di FB.









Jika link donlot bermasalah,silakan request ke admin.Secepat mungkin akan di reupload. 

  
 

1 comment:

Anonymous said...

thank u

Post a Comment

Janganlah pelit memberikan komentar yang membangun agar Admin semakin bersemangat memposting artikel-artikel baru di blog kesayangan kita ini...