INGIN CEPAT HAMIL?

Friday, 24 September 2010

SOFTWARE : Cara Mengembalikan File Yang Terhapus

Sebagai pengguna ponsel yang canggih-canggih di zaman sekarang,sudah tidak heran dengan memory yang besar.Kita dipuaskan dengan kapasitas memory raksasa yang berukuran pake gigabyte,bukan lagi megabyte.Seiring dengan perkembangan memory yang semakin besar,kita juga semakin sering menyimpan data di dalam memory tersebut.File-file penting seperti foto-foto momen berharga,video,file musik dan bahkan dokumen penting,semua sudah di simpan di dalam sana.Tetapi,pernahkah kita berpikir bahwa suatu ketika file-file itu terhapus tanpa sengaja atau karena memory bermasalah dan terpaksa diformat?Bagaimana jika kejadian itu sampai menimpa kita?
Jangan panik jika ternyata suatu ketika hal tersebut kita alami.Jangan merasa sedih dulu karena ada satu cara ajaib yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan data yang hilang dari memory tersebut.Apakah itu?Yaitu dengan sebuah software recovery.Disini aku akan menyediakan satu software recovery sederhana untuk teman-teman sekalian yang mungkin akan berguna,yaitu Recuva.
Berikut tutorial menggunakan software ini.Karena berhubung ini adalah software pc,sebaiknya kalian siapkan sebuah pc.Spesifikasi-nya terserah kalian.Semakin bagus semakin baik.Dan tentu saja siapkan juga card reader untuk memory card.Atau boleh juga kabel data jika ternyata ponsel kalian tidak memiliki memory eksternal.

1.Download software Recuva dari link donlot di bawah ini.
2.Install recuva di PC.
3.Selesai menginstall,jalankan recuva.
4.Recuva akan menampilkan jendela wizard cara menggunakan aplikasi itu.Jika tidak ingin jendela ini muncul lagi ketika lain kali kita jalankan,centang kotak pada tulisan don't show bla..bla..bla di pojok kiri bawah.Setelah dicentang,klik cancel dan kalian akan masuk ke menu utama recuva.Jika dibiarkan saja,maka kalian akan menemui jendela berikutnya.


5.Jendela berikutnya,kita akan diminta memilih jenis file yang ingin kita recovery.Pilih salah satu dan klik next.


6.Selanjutnya pilih lokasi file yang akan direcovery.Jika terletak di memory card,silakan pilih menu in spesific location,terus pilih menu browse dan pilih lokasi memory kalian.Setelah itu,klik next.
7.Selanjutnya,kita akan mendapatkan jendela options terakhir.Jika ingin men-scanning secara detail,centang box enable deep scan.
8.Selanjutnya,klik start scan dan scanning akan dimulai.


9.Tunggu hingga selesai dan semua file yang kita recovery akan muncul.Selanjutnya pilih semua file yang ingin kita kembalikan.


10.Setelah itu,Recuva akan meminta kita menetapkan folder output untuk meletakkan semua file recovery tadi.


11.Recovery selesai.

Nah,setelah itu,kalian bisa mendapatkan kembali semua jenis file yang sudah terhapus sebelumnya.Tetapi tentu saja ada beberapa syarat supaya Recuva bisa beraksi dengan baik.Pertama,kondisi memory yang akan direcovery masih berfungsi dengan baik,dan memory tersebut baru di format satu kali.Jika lebih dari satu kali,aku tidak yakin data bisa kembali.Selain itu,Recuva juga memiliki sedikit kelemahan.Meskipun semua file bisa di recovery,terkadang ada sebagian file recovery tersebut yang rusak,meskipun hanya sedikit saja.
Demikian saja informasi-nya.Semoga tutorial ini berguna untuk teman-teman sekalian.









No comments:

Post a Comment

Janganlah pelit memberikan komentar yang membangun agar Admin semakin bersemangat memposting artikel-artikel baru di blog kesayangan kita ini...

Post a Comment