INGIN CEPAT HAMIL?

Tuesday 12 August 2008

Bisa!Memindahkan Game Dari Hape ke Hape

Kamu melihat temanmu sedang memainkan game yang sangat menarik dan kamu ingin juga ikut bermain.Meminjam hape-nya?Tentunya itu menjadi kesulitan tersendiri karena bagaimana jika dia memerlukannya?Mengirimkannya ke hape kamu?Bisa saja jika file instalasi-nya masih ada.Bagaimana jika tidak ada lagi?
Ada satu cara yang mudah jika kamu ingin mengirim game yang sudah jadi alias bukan file instalasi-nya ke hape kamu.Syaratnya,kamu harus sedikit sabar mengirim file game yang mungkin akan sedikit agak banyak dan hape kamu serta hape teman kamu memiliki aplikasi file manager pihak ketiga seperti Fileman,SeleQ ato Explore.Cukup salah satunya.Ada ketiga-tiganya juga tidak apa-apa.Kamu hanya memerlukan salah satu dari mereka.
Nah,sekarang proses mengirim file game ke hape kamu.File game terletak di beberapa tempat berbeda.Untuk game symbian,lihatlah letak penyimpanan game tersebut,di memori internal ataukah di memori eksternal.Jika di memori internal,silakan masuk ke drive c/system/apps dan cari nama game yang kamu inginkan.Sebaliknya jika diinstall di memori eksternal,cari di drive e/system/apps.Nah,sekarang saatnya untuk mengirim semua file game yang berada di dalam foldernya.Semuanya,jangan sampai ada yang tersisa.Jika file terlalu banyak dan memorinya besar,kirimlah dalam beberapa kali.
Selanjutnya di hape penerima.Masuklah ke aplikasi file manager pihak ketiga yang kamu punya yaitu seleQ,Fileman atau Explore.Kita ambil contoh disini dengan SeleQ dan Fileman saja.
Pertama jika menggunakan fileman.Masuklah ke fileman dan lihat folder Mailbox (biasanya tertampil diroot).Masuk dan cari semua file game yang telah kamu kirim.Sebelumnya,kamu perlu membuat folder yang serupa dengan ponsel asal.Semuanya harus sama.Nama folder gamenya dan juga folder di dalamennya jika ada.Letaknya juga di drive c/system/apps ato e/system/apps.Nah,selanjutnya kita kembali ke Mailbox.Tandai semua file yang telah kamu kirim dan pilih options/operations/copy atau cut.Masih di fileman,masuk ke drive di mana kamu membuat folder tadi dan paste-lah di dalamnya file yang telah kamu kirim tadi.Selesai.Kini game tersebut sudah dapat kamu mainkan di hape kamu.
Jika menggunakan SeleQ,mungkin perbedaannya terletak pada cara mengkopi filenya,karena pada SeleQ tidak terdapat folder mailbox.Kamu dapat menemukannya di c/system/mail atau e/system/mail jika hape anda menggunakan penyimpanan pesan di memori eksternal.Selanjutnya sama seperti cara diatas.Kamu bisa mengopi-nya satu persatu atau sekaligus dengan me-mark-nya.Tinggal pilih options/mark pada file-nya.Untuk mengopinya,tinggal pilih options/edit/cut atau copy.
Bagaimana jika file-nya adalah game java?Ini lebih mudah karena kamu tidak perlu mengirimkan semua file game ke hape anda.Cukup file jar-nya saja.Untuk hape symbian S60 OS 6.1 (7650/3650/3660/N-gage/N-gage QD) kamu akan menemukan file-nya di c/system/midp atau e/system/midp.Cari saja file game yang kamu mau dan kirimkan ke hape kamu.Kamu bisa langsung menginstalnya.Sedangkan untuk hape Symbian s60 OS 7 dan 8,kamu bisa menemukan filenya di c/system/midlets atau e/system/midlets.Kamu perlu mengubah ekstensi jar-nya karena system OS 7 dan 8 secara otomatis akan memproteksi file jar maupun sis.Cukup rename seperlunya saja,misalnya mengubahnya menjadi ja (r di jar di hapus).Setelah mengirim,ubah kembali ke nama semula.Jika tidak,maka game itu tidak bisa dimainkan lagi!Begitu pula di hape penerima.Kamu perlu mengubah ekstensinya kembali ke jar dari fileman atau SeleQ.
Selamat Mencoba dan selamat menikmati game bersama teman-mu!
Note:
  1. Game yang dikirim adalah game symbian full version karena trial version akan meminta registrasi.
  2. Beberapa game yang diinstall mungkin mempunyai file di memori internal.Jadi jangan heran jika ada beberapa game yang tidak dapat dimainkan di hape kamu karena file tersebut tidak terkirim.
  3. Kamu mungkin perlu merestart hape sebelum dapat menampilkan game yang kamu kirim ke menu utama.
  4. Cara ini hanya berlaku untuk ponsel bersystem operasi Symbian OS 6,7 dan 8.Tidak berlaku untuk OS 9 dan Sony Ericsson serta vendor lain,kecuali menggunakan system operasi di atas.

No comments:

Post a Comment

Janganlah pelit memberikan komentar yang membangun agar Admin semakin bersemangat memposting artikel-artikel baru di blog kesayangan kita ini...