INGIN CEPAT HAMIL?

Sunday 11 July 2010

Upgrade Firmware Hape Nokia

Seperti kita ketahui,secara berkala Nokia mengeluarkan firmware terbaru untuk hape-hape-nya.Dengan firmware baru itu,Nokia memperbaiki segala macam bugs dan masalah yang terdapat dalam firmware versi lama.Dan kita di gratiskan untuk mendapatkan firmware terbaru untuk hape nokia kita.Nah,kali ini aku akan memberikan tutorial gampang untuk membantu teman-teman supaya bisa meng-upgrade firmware hape nokia teman-teman sekalian.Caranya sangat mudah,tetapi tentu dengan syarat teman-teman mempunyai pc sendiri dengan koneksi internet stabil!

Berikut alat-alat dan software yang wajib teman-teman sediakan ketika hendak mengupgrade firmware nokia kamu...

1.Sebuah PC atau Notebook minimal pentium 4 agar upgrade berjalan lancar,ngga nge-lag...Aku saranin pake Notebook untuk menghindari mati listrik.Itu sangat berbahaya karena jika proses upgrade berjalan dan listrik tiba-tiba mati sehingga koneksi terputus akan menyebabkan hape nokia teman-teman tewas seketika!!!
2.Koneksi internet stabil.Aku saranin pake Speedy,karena untuk saat ini di Indonesia,hanya Speedy yang stabil.Mau nyoba pake Indosat M2 ataupun provider lain,boleh-boleh saja.Aku sendiri ketika mengupgrade hape Nokia E71 milikku menggunakan koneksi internet dengan modem Smart!

3.Kabel data yang sesuai dengan tipe hape teman-teman.
4.Aplikasi Nokia PC Suite.Biasanya sudah berikut dalam CD pembelian.Jika tidak ada,dapatkan saja file installernya disini.Pilih sesuai tipe hape teman-teman.
5.Aplikasi Nokia Software Updater.Download aplikasinya disini.Mungkin teman-teman memerlukan akun ovi nokia untuk sign in sebelum bisa mendownloadnya.Untuk sementara,aku tidak bisa memberikan link lain.Mau lebih mudah,ya,cari saja sama Mbah Google...
6.Snack...buat ngemil jika proses download lagi lemot biar ngga bosan nunggu...
7.Teh Manis atau kopi atau jus atau minuman apa aja untuk membuang haus ketika habis ngemil...
8.Upgrade siap dilaksanakan.

Nah,setelah semua alat-alat di atas tersedia,kita siap melakukan proses upgrade firmware...

1.Install PC Suite ke PC atau Notebook.
2.Install Nokia Software Updater (NSU) ke PC atau Notebook.
3.Pastikan koneksi internet berjalan baik.
4.Koneksikan kabel data untuk menghubungkan hape nokia-mu dengan PC.Pastikan baterai hape dalam kondisi full untuk menghindari matinya hape di tengah-tengah proses upgrade.
5.Pada layar hape akan muncul pilihan.Pilih opsi PC suite.
6.Acuhkan saja peringatan pada layar monitor PC.Jalankan aplikasi NSU.
  
7.NSU akan segera mendeteksi tipe hape yang dikoneksikan ke PC.
8.Setelah itu,NSU akan segera mencari firmware terbaru tipe hape tersebut ke internet.Biarkan sesaat sampai muncul pemberitahuan ditemukan atau tidaknya firmware baru hape tersebut.
9.Jika tersedia,pilih opsi install di pojok kanan bawah window NSU.
10.NSU akan menampilkan peringatan.Klik Next aja.
11.NSU akan segera mendownload file firmware terbaru dari situs resmi Nokia.Proses download akan berjalan sesuai dengan kecepatan koneksi internet yang kita gunakan.Sebagai catatan,waktu yang diperlukan ketika mendownload file firmware Nokia E71-ku adalah sekitar 35 menit dengan koneksi internet 3,1MBPS milik Smart!
12.Tunggu proses download hingga selesai.Dalam proses download file itu,terputusnya koneksi tidak akan mempengaruhi hape kita.Jadi,kita sebenarnya tidak perlu mencemaskan kecepatan internet.Hanya saja,jika menggunakan koneksi yang lambat,bakalan bosan menunggu,kan?
13.Setelah proses download selesai,NSU akan otomatis melakukan proses Upgrading.Nah,disinilah kita harus bersiap-siap terhadap segala resikonya.Upgrade berhasil,maka nokia kita akan kembali normal dengan firmware baru.Upgrade gagal,maka hape nokia itu akan mati selamanya!!!Aku juga sempat harap-harap cemas waktu itu.
14.Selama proses upgrade,jangan sentuh apapun yang bisa menyebabkan terputusnya koneksi kabel data.
15.Selama proses upgrade,layar hape akan menjadi blank.Biarkan saja karena memang begitulah adanya.
16.Setelah proses upgrade berhasil,maka hape nokia akan restart.Jangan cabut kabel data dulu sampai hape tersebut menyala dan kembali terdeteksi oleh NSU.
17.Upgrading selesai.
18.Cek firmware baru nokia kamu dengan mengetikkan *#0000# pada layar hape.

19.Aku sudah mencoba mengupgrade hape Nokia E63 dan E71.Semuanya berhasil dengan sempurna tanpa masalah.Yang sedikit mencemaskan hanyalah bahwa NSU langsung melakukan upgrade ke firmware terbaru.Tidak seperti alat flasher milik para teknisi hape yang bisa memilih proses upgrading secara bertahap.Upgrade ke firmware terbaru beresiko karena jika firmware itu bermasalah,maka hape kita akan mengalami kerusakan pada software-nya.Memperbaiki software yang sudah diupgrade ke versi terbaru hanya-lah dengan menunggu firmware baru muncul lagi dari Nokia.Karena kalo didowngrade,sama saja bunuh diri!!!Solusi terakhir,jika hape masih garansi,bawa aja ke NPC!!!


Selamat mencoba.Resiko tidak ditanggung,lho...

3 comments:

Anonymous said...

alhamdulilah,terimakasih buat agan yang telah membantu membimbing dalam sarana upgrade Fw.thanks..

Eko Budi Santoso said...

resiko yg pernah di terjadi saat mengupgrade, apa aja gan ???

Unknown said...

Resiko cuma bootloop alias blank nokia.Tapi jarang kejadian kok.Selama ini ane cuma ngalamin satu atau dua dari 100.Sebagai perbandingan Ά̲̣̥jά̲̣̥.

Post a Comment

Janganlah pelit memberikan komentar yang membangun agar Admin semakin bersemangat memposting artikel-artikel baru di blog kesayangan kita ini...